Canine

Canine
CANINE MALANG All Division

Monday 30 June 2014

SIFAT DASAR ANJING



Salam Woof Woooof~ Bloggers. kali ini admin akan memberi beberapa info seputar sifat dasar anjing. Check this out !!!

Ada 3 sifat yg perlu diperhatikan ketika kita melatih seekor anjing untuk kepatuhan dasar (basic obidience), yaitu temperament, nerve, dan drive.

TEMPERAMENT
 

Dari segi temperament, ada anjing yg bersifat hard dan ada anjing yg bersifat soft.

Soft dogs sensitif terhadap koreksi. Dan tidak dengan mudah recover (melupakan) sebuah koreksi keras yg diberikan. Apabila koreksi tsb terlalu keras biasanya soft dogs akan menolak melanjutkan latihan/ kerja dengan duduk diam, atau tiarap (lie down) diam, atau kadang berusaha untuk pergi.

Hard dogs dengan mudah recover (melupakan) terhadap sebuah koreksi keras. Kalau koreksi yg diberikan terlalu lunak, hard dogs akan mengabaikannya atau bahkan melihat ke trainer dan seolah2 berkata "that's the best you can give?" hehe..

Kalau misalnya koreksi diberi level 1 sd 10. Koreksi level 1 adalah koreksi dengan kata "no" yang tegas. Koreksi level 10 (jarang digunakan) adalah menarik leash dengan sentakan kuat, sampai kaki anjing tersentak terangkat dr tempat dia berpijak. Bahkan ada yg harus menggunakan prong collar.

NB: Temperament tidak dapat dirubah.


NERVE
 

Dari segi nerve, ada anjing yg bersifat weak dan ada anjing yg bersifat solid/good.

Weak dogs adalah anjing yg kurang percaya diri, mudah gugup dan panik. Kadang bereaksi berlebihan bila melihat atau mendengar sesuatu yg asing. Sangat mudah terganggu kosentrasinya bila sedang latihan atau bekerja, apalagi di suatu tempat yg asing.

Solid dogs adalah ajing yg sangat percaya diri. Tidak mudah gugup, dan tenang dlm menghadapi sesuatu. Tidak mudah terganggu oleh sesuatu yg asing, kl terlalu ekstrim gangguannya, solid dogs dengan mudah pulih dan kembali tenang dan berkonsentrasi.

NB: Nerve tidak dapat dirubah.

Drive.

Dari segi drive anjing ada yg bersifat high dan low.
Drive adalah antusias anjing dalam menghadapi sesuatu yg diberikan.
Ada berbagai macam drive, seperti food drive, prey drive, fight drive, defense drive, dll. Dan untuk pelatihan kepatuhan dasar yg terpenting adalah food drive dan prey drive.

High food drive dogs adalah anjing yg tinggi antusiasnya terhadap makanan (food). Ketika anda menggunakan food sebagai treat dlm latihan, high food drive dogs akan antusias melakukan apa saja untuk mendapatkan the food. Susah melatih low food drive dogs dgn treat berupa food, dia akan mengabaikan perintah2 bila food yg diberikan tidak memenuhi selera.

LOW FOOD DRIVE

High prey drive dogs adalah anjing yg tinggi antusiasnya terhadap suatu mainan (toy). Anda dapat menggunakan toy atau permainan sebagai treat ketika melatih seekor high prey drive dogs. Menggunakan permainan sebagai treat (contohnya tug war game) dalam melatih, membutuhkan keahlian khusus.

HIGH PREY DRIVE DOGS

NB: Drive bisa dibangun.

No comments:

Search This Blog